Mission number One! Hazel 1st Birthday - part 1.

Hai hai ... lamaaa ya si Nona Joan ga ngeblog hehehe. Selama sedang menjalani tugas sebagai ibu rumah tangga (saat ini), kayaknya lebih sibukkkk daripada waktu masih jadi jurnalis di media TV😂. Padahal kalau dipikir pikir kerja di TV itu bisa menyita waktu banget. Cuma setelah jadi full time mommy rasa rasanya ngalah ngalahin waktu kerja wartawan yang harus standby 24/7. Hehehehe. Kenapa begitu? Karena saat kita mandi atau "bersemedi" di toiletpun bisa loh ditungguin sama anak hahaha 😂. Biasanya kita yang nungguin narsum untuk wawancara ehhh ini ada anak bayi yang nungguin di depan pintu kamar mandi sambil ngoceh "mamamamamamamama". Jadi kebayangkan gimana ketatnya jadwL jadi ibu. Ya walaupun ada plusnya bisa mesra mesraan terus sama anak, bisa liat tumbuh kembang anak dan bisa masak masak atau bikin kueeee buat anak ahhh favorite part ever.

Kalau ngomongin soal masak atau bikin kue memang bukan hal yang aneh buat saya. Punya oma dan ibu yang doyannya masak dan bikin kue nampaknya menular ke saya kayak seperti "its in my blood" hahaha. Walaupun untuk rasanya kalau saya yang masak belum bisa dipastikan enak seantero Bekasi ya 😂😂😂 tapi yang pasti orang rumah suka dan anak saya juga jadi member baru penyuka masakan nona Joan 😆😆😆. Apalagi semasa hamil si Hazel, hobi saya itu browsing resep dan praktekin di dapur 😂. Puji Tuhan si baby ternyata tumbuh jadi anak yang doyan makan. Jadi begitu otak, mood dan fisik ok untuk eksekusi di dapur pasti olahannya kalau ga buat menu sehat saya atau ya buat si baby hehehe.

Nah hari ini tepat tanggal 1 Mei 2017, Hazel ulang tahun yang pertama. Puji Tuhan karena sejak di dalam kandungan hingga selama 1 tahun ini segala hal yang baik Tuhan limpahkan buat Hazel. Jadi karena saya mensyukuri semua berkat yang Tuhan kasih makanya saya dan suami serta oma opanya Hazel memutuskan untuk berbagi ke gereja,  sanak saudara dan juga sahabat sahabat yang selalu sayang sama Hazel. Berbagi kasih intinya. Untuk ke gereja sudah dilakukan waktu bakti sosial saat paskah kemarin. Toh yang kita berikan itu punya Tuhan kan? Jadi memang hakNya Tuhan. Momennya pas juga karena sudah niat untuk mensyukuri pertambahan usia Hazel.

Nahhh ... setelah mendahulukan yang jadi punya Tuhan. Baru deh sisanya dipakai untuk berbagi dengan orang orang terkasih. Cuma untuk sampai ke momen itu ternyata ga semulus jalan tol. Hehehe. Berhubung banyak keluarga yang sibuk sana sini dan juga keterlambatan maminya Hazel beli pernak pernik ultah Hazel. Jadi rekan sedapur maminya Hazel a.k.a si Oma hahahaha memutuskan ga boleh terburu buru persiapannya. Apalagi niat saya bikin goodie bag yang tepat guna, sehat dan hemattttt (wkwkwkwkwk). Jadi tepat hari ini ulang tahun Hazel hanya dihabiskan dengan keluarga inti itupun minus Maping (Mama Maping - kakak saya) dan Monty (Mama Aunty - adik saya).

Sooo ... supaya hari ini ga biasa saja jadilah saya bikin project "Hazel 1st smash cake". Hehehehe. Namanya juga niat ya biar tetap spesial dan lucu jadi tanggal 31 malam sehabis dia nenen dan bobo saya gerilya bikin bunting flag ala ala dari kertas origami asturo hehehe. Paginya Hazel yang biasanya sarapan disuapin saya, akhirnya diambil alih omanya. Saya kasak kusuk di dapur bikin smash cake Hazel.

Syarat smash cake buat saya apalagi ini bayi 1 tahun, adalah sehat! Pokoknya no sugar, no flour. Niatttt banget. Resepnya saya dapat dari hasil selancar di mr. Google hehehe. Cuma resep ini ternyata juga hasil modifikasi dari resep yang ditemukan di dalam FB. Hanya saja saya tidak mengikuti semua bahan yang tertera di dalam resep ini. Saya sesuaikan dengan selera saya dan bahan yang ada di dapur hehehe. Nah berikut ini saya kasih link resep yang saya temukan, tapi nanti saya juga kasih resep modifikasi saya sendiri ya. Mau pakai resep yang mana? Bebasss terserah anda. Hehehe.

http://sayadinni.blogspot.co.id/2014/11/brownies-kukus-oatmeal-wortel-tanpa-gula.html?m=1

Resep Oatmeal Brownies Cokelat Glazure. No sugar No Flour (modifikasi saya sendiri)

Bahan:
150 gr margarin
45 gr cocoa powder (masih sama takarannya dengan resep di link yang saya share)
150 gr madu (sama juga dengan resep di link yang saya share)
2 buah pisang kepok yang agak matang (di link resep yang saya share pakai wortel tapi saya ganti pakai pisang dan bebas pisang apa saja. Saya pakai pisang supaya rasa manisnya bisa lebih terasagr)
220 gr Oatmeal Instant yang tidak perlu dimasak (di link yang saya share resep: 120 gr tepung gandum)
0.5 sdt baking powder
3 butir telur ukuran sedang

Garnish cokelat glazure :
- Cokelat batangan warna pink
- sedikit butter
- Sprinkle warna warni (optional)

Cara membuat : (hampir sama dengan yang di link yang saya share)

1. Siapkan panci pengukus yang akan digunakan, isi tempat airnya dan nyalakan kompor, agar ketika adonan siap di kukus, kukusan sudah dalam keadaan panas.

2. Tim margarin dengan cocoa powder dengan wadah tahan panas di atas air panas atau air yang sedang di masak (jadi wadah berisi butter tidak langsung terkena api) sambil diaduk sampai menyatu, lalu matikan api dan biarkan dingin dan mengental, sisihkan

3. Kocok telur dan madu sampai mengembang

4. Kemudian masukkan pisang yang sudah dilumatkan dan kocok terus hingga larut

5. Masukkan campuran coklat dan margarin yang telah di tim, kocok terus hingga adonan berubah cokelat pekat dan tidak ada cokelat yang menggumpal

4. Tambahkan tepung oatmeal yang sudah dicampur baking powder kedalam adonan, aduk rata perlahan

5. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi terigu

6. Tuang adonan ke dalam loyang, lalu kukus selama kurang lebih 25 menit. Tes tusuk untuk mengetahui kematangan brownies, jika sudah matang diangkat dan dibiarkan dingin.

7. Tim butter dan cokelat warna (sesuai selera, saya pakai cokelat batangan warna pink)

8. Brownies yang sudah dingin (suhu ruang) selanjutnya dikeluarkan dari loyang dan tuang cokelat tim glazure di atasnya dan taburi sprinkle secukupnya.

Happy baking, happy tummy, happy nomnom and happy birthday my baby Jocelyn Hazel Laluny Purba. Tuhan Yesus berkati nona selalu nak. Jadi berkat, garam dan terang untuk kemuliaanNya. We love you Hazel. 😍😍😍😍



Komentar