Kueku sayang, kueku malang 😂

Haiii ... happy easteerrr yeaaay akhirnya ngeblog lagi setelah beberapa minggu lalu ya baru ngeblog hehehe. Maklumlah ya ibu ibu anak satu (baru satu padahal tapi gayanya sibuk macam anak lima 😂).

Nah balik lagi nih soal easter weekend kemarin setelah pulang gereja ibadah paskah. Tiba tiba saya kepengennnn banget ngemil. Padahal lagi dalam program hidup sehat dan bonus kurus 😂 (diplomatis sekali saya). Iya sih hidup sehat bukan berarti ga boleh ngemil sama sekali. Sah sah saja kok. Cuma jujurrr saya ini tergolong orang yang sukanya ngemil makanan manis. Seperti wafer cokelat, biskuit, es krim, cuma gula pasir aja yang ga saya cemilin 😆.

Pusing banget loh nahan hasrat ngemil itu. Saya bangettt ini hehehe. Lebih pusing lagi karena pada jam makan siang hari itu, saya benar benar hanya makan sayur dan protein hewani. Tanpa nasi atau karbo lainnya. Sedihhhh 😕😢.

Berangkat dari situlah akhirnya tekad ngemil saya semakin bulat sebulat pipi saya 😅. Hingga akhirnya saya mulai putar otak bagaimana caranya bisa ngemil tapi ga bikin ngerasa bersalah 🙌. Browsing sana sini ga nemu nemu resep yang sesuai. Lebih lebih sesuai kantong ya hahahaha. Hingga akhirnya saya tergoda bikin bolu kering sehat. No flour, no sugar, no butter, no oil. Nooo nooo nooo. 😆 Tapi sayang sungguh disayang. Manusia bisa berencana namun Tuhan juga yang berkehendak 😂. Alhasil dari cita cita bikin bolu kering ternyata beralih menjadi kue jenis lain. Semua karena mixer eror. Jadi karena agak longgar standing mixer saya kocokan telurpun ga bisa mengembang dengan baik. Keselll banget rasanya tapi namanya orang niat ya segala daya dilakukan hihi jadilah adonan yang gagal ini diutak utik biar hasrat ngemil tetap terobati. Sebenarnya bingung juga kasih nama kue ini apa ya? Karena dibilang cookies tapi dia ga renyah, ga chewy juga . Dibilang roti tapi bahan bahannya jauhhh dari standart bikin roti dari yang saya suka baca. Jadi kasih nama Oatmeal Breadkies aja kali ya (maksa) 😂😂😉. Kalau yang ga suka kue bertekstur agak padat dan ga terlalu manis mungkin kue ini ga cocok untuk dicoba, tapi bagi yang dalam tahap diet dan pengin ngemil sehat dan mengenyangkan. Bolehlah iseng iseng coba bikin kue ala ala ini hehehe.

Nah ini resepnya dari hasil kegagalan yang ternyata berujung kepuasan menggoyang lidah 😂.

Resep Oatmeal Breadkies (modifikasi sendiri) :
- Tepung gandum (saya pakai instan Oatmeal dan saya blender) sekitar 250gram
- Madu yang murni tanpa campuran gula sekitar 150gram
- Telur ukuran sedang 4 butir
- Susu Hilo yang Belgian Chocolatte, low fat 1 sachet
- Vanili bubuk 1/2 sendok teh
- Baking powder 1 sendok teh

Cara pembuatan :
- Kocok telur dengan kecepatan sedang pada awal pengocokkan dan naikkan perlahan kecepatan hingga telur mengembang
- Masukkan madu dan kocok hingga larut
- Masukkan campuran tepung oatmeal , vanili dan baking powder ke dalam kocokan terus sambil turunkan kecepatan
- Setelah mixer dimatikan aduj adonan dengan teknik dibalik tapi jangan terlalu lama supaya adonan tidak turun
- Tambahkan susu Hilo aduk hingga merata (adonan menjadi padat seperti adonan kue kering tapi tidak kalis)
- Cetak adonan sesuai selera, susun di atas loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu. (Kalau saya pakai sendok saja mencetaknya)
- Bakar hingga matang

Kalau saya setelah matang saya taburi lagi dengan susu hilo hihi cocok buat sarapan dan mencegah kelaparan di tengah malam. Cocok dan tidaknya resep ini di lidah tergantung selera masing masing ya.

Happy cooking, happy tummy, happy nom nom 😆

Komentar